Rumah Saraung Terima Dana Pemajuan Kebudayaan Tahun 2023
Komentar

Rumah Saraung Terima Dana Pemajuan Kebudayaan Tahun 2023

Komentar

Terkini.id, PangkepRumah Saraung yang merupakan ruang komunitas yang fokus pada literasi kebudayaan di Pangkep akan melakukan program penelitian dan penulisan terkait pelabuhan rakyat. F Daus AR melalui sambungan telepon menjelaskan program penelitian ini merupakan upaya yang dilakukan dalam meneroka kebudayaan maritim di Pangkep melalui pelabuhan rakyat sebagai pintu masuk.

“Seperti metode kerja yang sejauh ini dilakukan, program ini juga akan melahirkan buku yang merangkum hasil penelitian anak muda yang terlibat di dalamnya,” katanya, Minggu 30 Juli 2023.

Lebih lanjut diterangkan jika dukungan program merupakan bagian dari Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan Tahun 2023 (FPK Tahun 2023) oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX (BPK Wilayah XIX). Proses pembukaan dan pendaftaran telah dilakukan sejak awal Juni tahun ini. Melalui informasi yang disebar melalui Instagram BPK Wilayah XIX, kategori kegiatan meliputi pemberian apresiasi, festival, upacara adat, sarasehan, dan dokumentasi budaya.

Setelah melalui proses seleksi administrasi dan kelayakan program, Rumah Saraung bersama sebelas komunitas lain ditetapkan oleh BPK Wilayah XIX sebagai penerima dana FPK Tahun 2023, selain 12 komunitas dari beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, juga terdapat fasilitasi kategori perseorangan kepada enam orang pelaku kebudayaan.

“Rumah Saraung mengajukan program untuk kategori dokumentasi budaya karena selaras dengan praktik literasi yang sejauh ini dikerjakan,” ujar Daus.

Baca Juga

Afdhal AB, peneliti di Rumah Saraung menilai kalau penelitian mengenai pelabuhan relevan dengan situasi sosiokultural di Pangkep.

“Literasi mengenai kebudayaan maritim di Pangkep masihlah minim, hal ini sunggulah bertentangan jika meneropong Pangkep, yang nampak malah wajah kemiskinan yang kerap dikaitkan dengan wilayah kepulauan,” bebernya.