Ini 12 Daftar Varian Covid-19 Termasuk Omicron

Terkini.id, Pangkep – Heboh kabar varian baru covid-19, yaitu omicron masuk ke Indonesia membuat publik pun semakin penasaran dan waspada. Makanya pengetahuan tentang daftar varian Covid-19 yang telah dirilis WHO, Organisasi Kesehatan Dunia perlu disampaikan.

Selain Omicron, ada banyak daftar varian Covid-19 yang perlu kalian ketahui. Bahkan beberapa varian virus corona diantaranya, sudah masuk ke Indonesia.

Perlu diketahui, varian Covid-19 Omicron pertama kali teridentifikasi di Afrika Selatan November 2021 lalu. Varian ini kemudian menyebar dengan cepat di kawasan Eropa. Ketimbang mutasi sebelumnya yakni varian Delta, Omicron menurut beberapa peneliti lebih cepat menyebar daripada mutasi sebelumnya yakni Delta.

Baca Juga: IDI Setuju Kebijakan Pelonggaran Penggunaan Masker

Namun, daftar varian Covid-19 bukan hanya Omicron dan Delta. Total ada 12 varian Covid-19 yang dinyatakan oleh organisasi kesehatan dunia, WHO. Mana saja yang sudah masuk Indonesia? dilansiri dari Suara.com jaringan Terkini.id, Rabu, 29 Desember 2021.

Berdasarkan laporan dari situs sehatnegeriku.kemkes.go.id, pada bulan Mei 2021 lalu ada 3 varian Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia. Mereka adalah varian Alpha (B117), varian Beta (B1351), dan varian Delta (B1617).

Baca Juga: Ahli Kesehatan: Kasus Hepatitis Akut dalam Sebulan Belum Sebanding Covid-19

Sehingga total sampai saat ini, ada empat varian Covid-19 termasuk Omicron yang sudah ada di Indonesia. Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi bahwa Omicron masuk ke Indonesia dengan satu transmisi lokal. Transmisi lokal itu dilaporkan terjadi pada seorang laki-laki warga Medan, Sumatera Utara yang tengah bertandang ke Jakarta.

Sebelumya dia diketahui bertandang ke sebuah restoran di kawasan SCBD Jakarta. Pria itu sehari-hari tinggal di Medan bersama istrinya dan diketahui tidak pernah pergi ke luar negeri. Bukti ini sekaligus mengkonfirmasi temuan para ilmuwan bahwa Omicron bisa menyebar dengan lebih cepat dibandingkan varian-varian lainnya.

Berikut ini 12 daftar varian Covid-19 seperti dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

Baca Juga: Ahli Kesehatan: Kasus Hepatitis Akut dalam Sebulan Belum Sebanding Covid-19

1. Alpha pertama kali ditemukan di Inggris;
2. Beta, pertama kali ditemukan di Afrika Selatan;
3. Gamma, pertama kali ditemukan di Brasil;
4. Delta, pertama kali ditemukan di India;
5. Omicron, pertama kali ditemukan di Afrika Selatan;
6. Epsilon, pertama kali ditemukan di Amerika Serikat;
7. Zeta, pertama kali ditemukan di Brasil;
8. Eta, pertama kali teridentifikasi di sejumlah negara;
9. Theta, pertama kali ditemukan di Filipina;
10. Iota, pertama kali ditemukan di Amerika Serikat;
11. Kappa, pertama kali ditemukan di India;
12. Lambda, pertama kali ditemukan di Peru.
Varian-varian ini menyebabkan negara-negara di seluruh dunia menutup perbatasan dan menggencarkan vaksinasi. Ekuador bahkan menjadi negara pertama di dunia yang mengumumkan kewajiban vaksinasi bagi anak-anak berusia lima tahun.

Di samping itu negara-negara di dunia juga mendorong vaksinasi dua dosis lengkap bagi lansia dan beberapa mempertimbangkan vaksin booster tahap ketiga. Masyarakat juga diimbau tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk menghindari penularan di tempat-tempat umum.

Demikian penjelasan tentang daftar varian Covid-19 yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

Bagikan