Teror di Rumah Orang Tua Veronica Koman, Polisi Didesak Segera Tangkap Pelaku

Terkini.id, Pangkep – Direktur Eksekutif Amnesty Internasional, Usman Hamid, menduga insiden ledakan yang terjadi di kediaman orang tua dari aktivis Papua, Veronica Koman karena terkait dengan upaya Vero (sapaan Veronica Koman) yang rajin membela permasalahan Hak Asasi Manusia (HAM) terutama di Papua.

Hamid pun mendesak agar pemerintah bisa segera mengungkap pelaku teror tersebut.

“Serangan ini dalam pandangan kami adalah serangan terhadap kerja-kerja seoarang pengacara hak asasi manusia terlebih anggota dari perhimpunan advokat Indonesia atau Peradi dan dia banyak berperan sebelumnya sebagai pengacara dari aliansi mahasiswa Papua dan juga dalam kasus pendampingan kasus komite nasional Papua barat dan organisasi pemuda yg menyampaikan konsen mereka secara damai melalui berbagai cara,” kata Usman dalam konferensi pers daring, Senin, 8 November 2021, dilansir dari Suara.com jaringan Terkini.id.

Baca Juga: Oknum Perwira Polisi Diduga Memperkosa hingga Jadikan Siswi SMP di...

Usman mengatakan, pemerintah harus bisa segera mengungkap pelaku aksi teror terhadap keluarga Vero. Menurutnya, pelaku harus bisa diadili.

“Kami apresiasi terhadap tindakan penanganannya hingga dini hari tadi dan kami mendesak kepada pemerintah untuk bisa menemukan pelakunya dan mengajukan pelakunnya ke pengadilan,” katanya.

Baca Juga: Kasus Penganiayaan Jurnalis Tempo Nurhadi, 2 Polisi Divonis 10 Bulan...

Di sisi lain, Usman menyampaikan keperihatinannya dalam beberapa tahun terakhir justru para aktivis-aktivis pembela HAM mendapatkan serangan. Pola serangannya juga bergeser misalnya dengan upaya mengkriminalisasi.

“Kami tidak sedang menuduh terhadap yang terjadi terhadap keluarga Vero khususnya dilakukan oleh negara tetapi kami ingin ingatkan bahwa negara wajib melindungi yang berada di wilayahnya apalagi orang tersebut misalnya tidak punya hubungannya dengan perbuatan katakanlah yang dianggap melanggar hukum,” tuturnya.

Sebelumnya, sebuah ledakan terdengar di kediaman orang tua Veronica Koman di Jalan U, Jelambar Baru Gropet, Jakarta Barat. Peristiwa ini dikabarkan terjadi pada Minggu (7/11/2021) sekira pukul 10.45 WIB.

Baca Juga: Kasus Penganiayaan Jurnalis Tempo Nurhadi, 2 Polisi Divonis 10 Bulan...

“Menurut informasi rumah orang tuanya (Veronika Koman),” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Joko Dwi Harsono kepada wartawan, Minggu (7/11/2021).

Joko ketika itu mengklaim pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait sumber ledakan. Salah satunya dengan melakukan olah tempat kejadian perkara atau olah TKP.

“Kita sudah melakukan olah TKP, dan sudah berkoordinasi dengan Lab Forensik untuk mengetahui benda apa yang meledak,” ujarnya.

Bagikan