Dinkes Pangkep dan Baznas Kerjasama Tangani Stunting
Komentar

Dinkes Pangkep dan Baznas Kerjasama Tangani Stunting

Komentar

Terkini.id, Pangkep – Dinas Kesehatan Pangkep berkeja sama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk menangani stunting di Kabupaten Pangkep.

Kerjasama dalam bentuk pemberian bantuan kepada masyarakat yang mempunyai anak stunting.

Pemberian bantuan dilaksanakan di aula dinas kesehatan Pangkep, Jumat, 27 Agustus 2021.

Pemberian bantuan dihadiri Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL).

Dikatakannya, Program Penanganan Stunting Merupakan Salah Satu Program Prioritas untuk segera Dituntaskan. Melalui Visi dan Misi Kabupaten Pangkep Periode 2021-2026 Yakni “Akan Mewujudkan Masyarakat Madani Yang Sejahtera, Unggul, Berdaya Saing dan Religi Berbasis Sumberdaya Lokal Berkelanjutan.

Baca Juga

Pemberian bantuan untuk penanganan Stunting ini, merupakan langkah kongkrit baznas dalam membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan umat. selain itu juga baznas telah banyak berperan dalam kegiatan ekonomi syariah, dengan memberikan bantuan bagu pengusaha kecil untuk dapat lebih meningkatkan usahanya. selain itu kegiatan lainnya di bidang kesejahteraan masyarakat, dengan pemberian bantuan bagi kaum mustahik terutama yang mengalami sakit. 

“Pemkab Pangkep mengucapkan terima kasih banyak kepada ketua dan pengurus Baznas atas sumbangsihnya selama ini kepada pemerintah dan masyarakat. Kami harapkan, agar pihak lainnya dapat mengikuti jejak baznas dalam peran sertanya kepada pembangunan di daerah ini,”katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Pangkep, Herlina mengatakan, Baznas menyerahkan bantuan dari zakat yang dikumpulkan dari ASN yang akan disalurkan kepada keluarga yang mempunyai anak stunting.

“Harapan kita, dengan adanya bantuan ini kasus stunting berkurang. Kita juga berharap, suatu saat Pangkep bisa zero stunting,”jelasnya.

Ia juga berharap, Baznas membantu bahan pokok bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Sementara itu, Kepala Baznas Pangkep, Abu Bakar Safa menyampaikan, salah satu penyebab daerah disebut tertinggal karena tingginya angka stuntng. Pangkep, salah satu daerah yang tinggi angka stuntingnya.

“Makanya, kita turun tangan ikut membantu. Yang kita bantu, keluarga yang memiliki anak stunting,”jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, Bazans selama ini telah menjalankan sejumlah program. Diantaranya, membantu biaya pasien rumah sakit yang tidak tercover BPJS. Bantuan bedah rumah, bantuan pendidikan.