1000 Hektare Tanaman Porang untuk Pangkep, Menteri Pertanian SYL: Porang Jadi Komoditi

Terkini.id, Pangkep – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menanam porang di kelurahan Balleanging, Balocci, Senin, 19 Juli 2021. 

Pencanangan porang oleh SYL di Balocci dengan luas tanam 1000 hektar yang akan ditanam secara bertahap.

Syahrul menuturkan, pihaknya mendorong agar para gubernur dan bupati mengakselerasi porang lebih baik. Dikarenakan, porang dapat diolah dalam berbagai jenis komuditi. Porang dapat diolah menjadi beras, kosmetik, farmasi dan lainnya.

Baca Juga: MYL: Saya Ingin Wujudkan Pemerataan Pembangunan di Pangkep

“Olehnya itu, hari ini  saya bersama Bupati Pangkep telah mencanangkan 1000 hektar untuk penanaman porang secara bertahap,”katanya.

Mantan gubernur Sulsel dua priode itu juga menjelaskan, porang sebelumnya adalah tanaman hutan. Namun, setelah dua tahun ditangani, akselerasinya lebih bagus dan menjanjikan.

Baca Juga: Di Pangkep Akan Dibangun Balai Latihan Kerja Bahasa

Menanam porang tidak harus mengganggu tanaman dan lahan perkebunan lainnya. Akan tetapi dapat ditanam pada lahan-lahan marginal karena mudah ditanam.

“Kita berharap, porang ini dapat menjadi komoditi baru yang akan memperkuat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani. Diharapkan juga, tahun ini porang dapat diolah menjadi beras, sebagai alternatif beras padi,”tambahnya.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau mengucapkan terima kasih atas dukungan Mentan RI dalam mendukung pertanian di Pangkep.

Baca Juga: Pemkab Pangkep dan Kampus Unhas Teken MoU Tridarma Perguruan Tinggi

Ia pun berharap, tanama porang nantinya menjadi komoditi unggulan kabupaten Pangkep yang menjadi penopang ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Sebelum tanam porang, Mentan RI melakukan panen raya padi di desa Panaikang.

 

 

Bagikan