Indonesia Paling Lama Buka Aplikasi Ponsel, Jadi Peringkat Dua di Dunia

Terkini.id, Pangkep – App Annie meluncurkan hasil risetnya tentang tingkat pemakaian aplikasi oleh pengguna kuartal dua 2021. Hasilnya, Indonesia menduduki peringkat dua di dunia sebagai negara paling lama buka aplikasi pada ponsel Android.

Data yang didapatkan riset App Annie ini hanya pada pengguna Android saja. Di mana Brazil menduduki peringkat pertama dengan rata-rata 5,4 jam seharinya dalam membuka aplikasi.

Sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-2 hanya selisih dikit, rata-rata perhari membuka aplikasi di ponsel pintar sampai 5,3 jam. Kedua negara ini jauh melampaui lainnya.

Baca Juga: Pengguna WhatsApp Terancam Diblokir, Ini Ketentuannya

Laporan ini juga mendapati kalau tingkat pemakaian aplikasi di Indonesia meningkat 35 persen dibandingkan kuartal II 2019 silam. Sedangkan Brasil mengalami lonjakan 30 persen dibandingkan 2019.

Sedangkan Rusia dan Turki menjadi negara yang mengalami lonjakan paling tinggi. Rusia naik 45 persen dibanding 2019 menjadi 3,7 jam, sedangkan Turki naik sampai 40 persen menjadi 4,5 jam.

Baca Juga: Indonesia Jadi Target Empuk Kejahatan Siber selama Pandemi

Seperti dihimpun HiTekno.com dari laporan App Annie, peningkata ini didorong oleh adanya pandemi yang membuat penduduk di dunia melakukan aktivitas mereka secara digital.

Tingginya pemakaian aplikasi ini juga berimbas pada lonjkan belanja aplikasi secara global. Laporan App Annie mendapati total belanja aplikasi mencapai 34 miliar dolar AS atau setara Rp 493 triliun pada kuartal II 2021.

Angka ini naik 7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 101,6 triliun jika dibandingkan kuartal I 2021 yang mendapati 32 miliar dolar AS atau sekitar Rp 465 triliun.

Baca Juga: Dituduh Lakukan Monopoli Aplikasi, Google Kena Denda Hampir Rp2 Triliun

Peningkatan pemakaian aplikasi bukan hanya pada game. Untuk kawasan Asia Pasifik, aplikasi populer yang banyak digunakan seperti Google Classroom, Fast Cleaner, McDonald China, SmartNews.

Sedangkan untuk game, Ni No Kuni Cross World menjadi aplikasi paling banyak digunakan dalam periode ini. Popularitas game mobile ini menduduki puncak di Jepang dan Korea Selatan.

Bagikan