Jokowi Sebut Lonjakan Kasus Covid-19 Pengaruhi Indeks Kepercayaan Konsumen

Terkini.id, Pangkep – Presiden Joko Widodo menyebut peningkatan kasus Covid-19 secara signifikan belakangan ini mempengaruhi Indeks Kepercayaan Konsumen.

“Setelah kami lihat secara detail, betul kenaikan kasus ini selalu berpengaruh kepada indeks kepercayaan konsumen selalu,” kata Jokowi dalam pidato peresmian Munas Kadin VIII di Kota Kendari, Rabu, 30 Juni 2021, dilansir dari Suara.com jaringan Terkini.id.

Dia menurutkan, setiap diberlakukan pembatasan sosial ketat dan mobilitas masyarakat turun menyebabkan kasus Covid-19 turun, sehingga Indeks Kepercayaan Konsumen naik. Namun begitu sebaliknya, indeks kepercayaan konsumen akan turun bila kasus Covid-19 melonjak.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Varian Mu Tidak Ditemukan Di Indonesia

“Tapi begitu kasusnya (Covid-19) naik, indeks kepercyaaan konsumen selalu turun. Selalu kami lihat seperti itu,” ujar dia.

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan peningkatan kasus Covid-19 juga mempengaruhi indeks penjualan ritel di Indonesia. Masalah serupa juga terjadi di negara tetangga seperti Thailand.

Baca Juga: Warga Pulau Tangaya di Pangkep Antusias Menerima Vaksin Moderna

“Di Thailand juga sama. Ada penambahan kasus harian naik, indeks penjualannya pasti turun,” tutur Jokowi.

Karena itu, kuncinya menurut Jokowi adalah bagaimana penularan kasus Covid-19 bisa ditekan di Indonesia.

“Kunci dari urusan ekonomi yang kita hadapi ini adalah bagaimana covid ini dikurangi, ditekan agar hilang dari bumi pertiwi ini,” katanya.

Baca Juga: Anggota Lantas Polres Pangkep Bagikan Masker untuk Pengemudi Ojek dan...

 

Bagikan