Ini Dampak Pemanasan Global Terhadap Lingkungan

Terkini.id, Pangkep – Belakangan ini, pemanasan global jadi isu hangat. Bagaimana tidak, dampak pemanasan global dapat membahayakan lingkungan, ekosistem, dan keberlangsungan hidup generasi muda.

Diketahui, pemanasan global adalah suhu rata-rata atmosfer bumi yang mengalami peningkatan, sehingga menyebabkan adanya perubahan iklim atau cuaca di bumi, dilansir dari Suara.com jaringan Terkini.id, Selasa, 22 Juni 2021.

Penyebab dari pemanasan global atau global warming adalah diakibatkan dari adanya berbagai aktivitas manusia yang mengeluarkan gas karbondioksida, seperti pembakaran bahan hutan, bakar gas, hingga berdirinya pabrik-pabrik.

Baca Juga: Walhi Sebut Indonesia Penyumbang Pemanasan Global

Dampak Pemanasan Global

Pemanasan global memang menjadi isu mengerikan. Nah, berikut ini dampak pemanasan global terhadap lingkungan yang perlu diketahui. Simak baik-baik ya! 

Baca Juga: Ini Bahayanya Lalat Hinggap di Makanan Hingga Menyebarkan Penyakit

Wabah Penyakit
Pemanasan global berdampak munculnya wabah penyakit. Hal tersebut diakibatkan imun tubuh manusia yang melemah karena keadaan bumi yang tak seimbang.

Es Kutub Mencair

Dampak lainnya dari pemanasan global  yakni es kutub mencair. Mencairnya es kutun karena suhu bumi mengalami peningkatan sehingga volume air laut meninggi.

Baca Juga: Musim Hujan, Ini Penyakit yang Harus Diwaspadai

Kabut Asap

Global warming berdampak sejumlah wilayah mengalami kekeringan, sehingga memiliki peluang besar terjadinya kebakaran hutan. Dari kebakaran tersebut, muncul kabut asap yang jelas tidak baik bagi kesehatan manusia.

Sulitnya Air Bersih
Pemanasan global berdampak air di permukaan tanah menguap. Akibatnya, makhluk hidup di bumi akan kesulitan memperoleh air bersih.

Rusaknya Terumbu Karang
Dampak global warming lainnya yaitu  terumbu karang rusak. Terumbu karang yang rusak akan berdampak buruk bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di laut.

Permukaan Air Laut MeningkatDampak dari pemanasan global yang juga perlu diketahui yakni naiknya permukaan air laut. Hal tersebut diakibatkan es di kutub mencair. Naiknya air laut, mengakibatkan beberapa wilayah tergenang banjir, bahkan dapat membuat pulau kecil menghilang.

Suhu Air Laut Meningkat

Pemanasan global juga berdampak suhu air laut di bumi mengalami peningkatan. Hal tersebut membuat kondisi laut pun mengalami ketidakseimbangan.
Demikianlah informasi mengenai dampak pemanasan global bagi lingkungan yang perlu diketahui. Mari jaga lingkungan agar dapat membantu mengatasi pemanasan global.

Bagikan