Rakor Presiden Jokowi bersama Bupati Pangkep dan 185 Kepala Daerah

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogu (MYL) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pangkep mengikuti rapat koordinasi bersama Presiden Joko Widodo dan 185 Kepala Daerah yang telah mengikuti Pilkada tahun 2020. (Ist).
Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogu (MYL) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pangkep mengikuti rapat koordinasi bersama Presiden Joko Widodo dan 185 Kepala Daerah yang telah mengikuti Pilkada tahun 2020. (Ist).

Terkini.id, Pangkep – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan pada kepala daerah hasil Pilkada 2020 yang sudah dilantik.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut Presdien Jokowi memberikan ucapan selamat kepada seluruh Kepala Daerah hasil Pilkada 2020 yang sudah dilantik dan mulai bekerja melayani masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Jabatan ini merupakan kehormatan sekaligus tanggung jawab yang besar dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Saya ingin kedepan penggunaan APBD daerah bisa fokus di beberapa sektor pembangunan saja, sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Misalnya tahun pertama fokus jalan, setelah tuntas fokus pasar, dan lainnya,” kata Jokowi, 14 April 2021, dalam Rapat Koordinasi melalui aplikasi Zoom.

Lanjut Jokowi menuturkan, berpesan agar proporsi penggunaan APBD antara belanja modal bisa lebih besar daripada belanja pegawai.

“Jangan hanya terpaku pada rutinitas, inovasi yang berorientasi pada hasil juga harus dilakukan. Jadi kepala daerah jangan suka membaca laporan saja, harus cek langsung ke bawah agar benar-benar tahu kondisi di lapangan,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan di tengah melemahnya perekonomian karena pandemi Covid-19, Presiden meminta agar seluruh Kepala Daerah bisa mempermudah investasi, memperbanyak program padat karya.

“Saat ini masyarakat kita sedang lemah, banyak PHK. Sehingga kami minta agar para Gubernur, Bupati, Walikota bisa mempermudah investasi untuk membuka lapangan pekerjaan dan mendorong peningkatan ekonomi. Begitu juga dengan padat karya, bisa memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat,” kata Jokowi.

Selain ekonomi, Presiden Jokowi juga meminta agar belanja sosial bisa segera disalurkan dan mendukung kelancaran vaksinasi.

Sementara Bupati Kabupaten Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) mengatakan, akan segera menindaklanjuti arahan bapak Presiden Joko Widodo, kata Yusran pemerintah Pangkep sedang mempersiapkan sejumlah program proritas untuk pembangunan daerah sesuai arahan presiden.

“Saat ini kami berupaya untuk berbuat yang terbaik untuk masyarakat, dan siap menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi,” katanya.

Yusran juga menuturkan, Pemerintah Daerah Pangkep saat ini telah melakukan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tentu saja sesuai dengan program pemerintah pusat dan juga visi-misi bupati dan wakil bupati.

“Kita telah menyusun dan menyesuaikan dengan program padat karya pemerintah pusat, agar hasilnya bisa dirasakan masyarakat,” katanya. 

Yusran menambahkan, seperti misalnya penanganan Covid-19 di Kabupaten Pangkep, dirinya terus memantau perkembangan bersama tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pangkep, agar hal ini segera bisa di atasi.

“Allhamdulillah, kita terus memantau, vaksin juga telah maksimal dilakukan,” katanya. 

Rapat kooridnasi tersebut dilanjutkan dengan pengarahan dari Menko Perekonomian, Menko Polhukam, Menteri Keuangan, Wakil Menteri Kesehatan, Ketua Satgas Covid-19 Nasional, dan ditutup Menteri Dalam Negeri. 

Jajaran Forum Komuinikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Pangkep juga ikut dalam Rapat Koordinasi tersebut, dari pantauan pangkep.terkini.id, hadir Kapolres Pangkep, Dandim 1421 Pangkep, pihak Kejaksaan Pangkep, dan juga Ketua DPRD Pangkep.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo menekankan dua hal pada kepala daerah yang hadir secara virtual dalam rapat koordinasi tersebut. Pertama, penanganan COVID-19. Kedua, pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, Presiden menjelaskan Penanganan Cvid-19 meliputi penuntasan kasus Covid-19 dan pelaksanaan kegiatan vaksinasi COVID-19. 

Baca Juga

Pemerintah: Idulfitri 2021 Jatuh pada Kamis 13 Mei

Kemensos Lanjutkan Bantuan Pangan Non Tunai

MA Batalkan SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah

Syarat Melakukan Perjalanan hingga Sanksi, Larangan Mudik Lebaran 2021

Begini Cara Cetak Online dan Ubah Data Kartu Keluarga

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar