Ini Fitur Baru Telegram dan Cara Menggunakannya
Komentar

Ini Fitur Baru Telegram dan Cara Menggunakannya

Komentar

Terkini.id, Pangkep – Aplikasi perpesanan Telegram luncurkan beberapa fitur baru untuk pengguna Android dan iOS.

Pembaruan ini merupakan kali kedua yang dilakukan pada 2021 setelah sebelumnya muncul pada Januari lalu.

Dalam pembaruan versi 7.5 ini, Telegram menghadirkan beberapa fitur seperti hapus otomatis pesan, tautan undangan baru, widget di beranda untuk akses lebih cepat, hingga grup dengan anggota tak terbatas.

Fitur hapus otomatis pesan, kamu kini bisa menghapus pesan yang dikirim untuk chat ke pengguna lain, dilansir dari suara.com jaringan terkini.id, Senin, 1 Maret 2021.

Telegram sebelumnya sudah menghadirkan fitur ini, namun hapus otomatis pesan hanya berlaku dalam pesan rahasia atau secret chats.

Baca Juga

“Mulai hari ini, Anda dapat mengaktifkan penghitung waktu otomatis di semua obrolan Telegram, yang secara otomatis akan menghapus pesan untuk semua pengguna baik 24 jam atau 7 hari setelah pengiriman,” tulis Telegram dalam blog resminya, Minggu, 25 Februari 2021. 

Hapus otomatis ini hanya berlaku untuk pesan yang dikirim setelah timer pesan diatur. Selain itu, pesan juga akan terhapus setelah pengguna mengirim.

Berbeda dengan fitur di secret chats yang melakukan penghitungan ketika pesan selesai dibaca.

Widget ini dimaksudkan untuk akses cepat ke obrolan terpenting. Telegram menghadirkan dua mode widget yang bisa digunakan, yakni Chat Widget dan Shortcut Widget.

Untuk Chat Widget, kamu bisa melihat preview pesan terbaru yang dikirimkan. Sementara Shortcut Widget hanya menampilkan nama dan foto profil.

Tautan Undangan Grup

Tautan undangan adalah cara cepat untuk membawa satu atau 1 juta pengguna ke grup atau channel. Dengan tautan grup baru, admin bisa mengatur tautan dengan durasi terbatas ataupun jumlah penggunaan.

Untuk melihat dan mengelola tautan undangan, buka Grup atau Channel Profile > Edit > Invite Links.

Grup dengan member tidak terbatas

Grup baru ini mengubah kapasitas dari yang awalnya 200.000 anggota menjadi tidak terbatas. Kamu atau admin bisa memasukan siapapun untuk bergabung dalam grup.