Kasus Aktif Corona Kini Setara 2 Kali Kapasitas Stadion Gelora Bung Karno
Komentar

Kasus Aktif Corona Kini Setara 2 Kali Kapasitas Stadion Gelora Bung Karno

Komentar

Terkini.id, Pangkep – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengungkapkan bahwa jumlah kasus aktif corona sudah mencapai 175.349 orang per Senin, 1 Februari 2021. 

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro menggambarkan jumlah ini setara dengan dua kali kapasitas penonton Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dilansir dari suara.com jaringan terkini.id.

“Saat ini kasus aktif kita mencapai lebih dari 175 ribu kasus. Jumlah yang banyak sekali untuk dirawat. Apabila dapat diibaratkan, jumlah ini 2 kali lebih besar dari kapasitas penonton Stadion Gelora Bung Karno,” kata dr Reisa dalam jumpa pers virtual dari Istana Negara, Jakarta. 

Reisa menjelaskan, jumlah kasus aktif ini menambah beban rumah sakit yang sekarang sudah mencapai lebih dari 60 persen di beberapa daerah.

“Di Provinsi Kalimantan Timur 75 persen, di Banten 75 persen, di Jakarta 72 persen, dan Daerah Istimewa Yogyakarta 70 persen, di Bali 69 persen, di Jawa Barat 68 persen, di Sulawesi Tengah 63 persen, dan di Jawa Timur 62 persen,” jelasnya.

Baca Juga

Dengan data ini, Reisa kembali meminta masyarakat untuk terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan agar meringan beban tenaga kesehatan.

“Tenaga medis dan tenaga kesehatan akan kewalahan jika angka ini terus bertambah. Cegah bapak-ibu. Kita harus cegah agar tidak tertular dan tidak menjadi pasien baru COVID-19,” ucapnya.

Diketahui, pandemi COVID-19 telah menginfeksi 1.089.308 orang Indonesia, kini masih terdapat 175.349 kasus aktif, 883.682 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 30.277 jiwa meninggal dunia.