Ini Harta Kekayaan 5 Jenderal Calon Pengganti Kapolri Idham Azis
Komentar

Ini Harta Kekayaan 5 Jenderal Calon Pengganti Kapolri Idham Azis

Komentar

Terkini.id, Pangkep – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan lima nama jenderal bintang tiga kepada Presiden Joko Widodo. Kelima jenderal tersebut merupakan calon Kapolri pengganti Idham Azis. Penasaran dengan harta kekayaan calon Kapolri tersebut? Simak penjelasan berikut.

Kelima jenderal ini adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto, Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, dilansir dari suara.com jaringan terkini.id, Rabu, 13 Januari 2021.

Diketahui, melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) dari KPK, kelima jenderal tersebut masing-masing memiliki nilai kekayaan di atas Rp 1 miliar. 

Tercatat, Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto memiliki jumlah kekayaan paling tinggi di antara kelima jenderal tersebut. Berikut daftar kekayaan lima jenderal calon Kapolri.

1. Komjen Arief Sulistyanto

Baca Juga

Menurut catatan LHKPN tahun 2019 Arief memiliki total kekayaan sebesar Rp 14,43 miliar. Total harta kekayaan ini meliputi tanah dan bangunan senilai Rp 7,04 miliar yang tersebar di sejumlah daerah seperti Jakarta Timur, Bekasi, Cianjur, Karanganyar, Pekanbaru, dan Batam. 

Selain itu, mantan Kabareskrim ini juga memiliki sejumlah kendaraan mewah dengan total nilai Rp1,27 miliar. Arief juga tercatat memiliki harta bergerak sebesar Rp2,26 miliar berbentuk kas dan setara kas Rp3,87 miliar. 

2. Komjen Gatot Eddy Pramono

Komjen Gatot Eddy Pramono tercatat telah melaporkan kekayaannya di tahun 2020 saat dirinya dilantik sebagai Wakapolri. Total kekayaan Gatot ialah Rp10,78 miliar. 

Total kekayaan tersebut meliputi tanah dan bangunan di beberapa daerah seperti Jakarta, Bogor, Tangerang dan Sukabumi senilai Rp7,25 miliar. Selain itu, mantan Kapolda Metro Jaya ini juga memiliki sejumlah kendaraan mewah senilai Rp1,97 miliar serta kas dan setara kas sebesar Rp 1,57 miliar.

3. Komjen Listyo Sigit Prabowo

Harta kekayaan Listyo pada Desember 2019 ialah Rp8,31 miliar dengan rincian tanah dan bangunan di Semarang, Tangerang, serta Jakarta senilai Rp 6,15 miliar. 

Untuk kendaraan pribadi, Listyo tercatat hanya memiliki Toyota Fortuner senilai Rp 320 juta. Namun, Listyo menyimpan harta bergerak lainnya berupa kas Rp975 juta dan setara kas Rp 869,7 juta. 

4. Komjen Boy Rafli

Sesaat setelah dilantik menjadi Kepala BNPT pada tahun 2020, Boy mencatatkan jumlah kekayaannya sebesar Rp 6,45 miliar yang terdiri dari rumah dan bangunan di Jakarta Selatan serta Lebak, Banten, senilai Rp 4,9 miliar. Kemudian, Roy juga memiliki beberapa kendaraan senilai Rp692 juta. Selain itu, Rp760 juta pada kas dan Rp 241,1 juta pada setara kas. 

5. Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H.

Agus Andrianto tercatat terakhir kali melaporkan jumlah kekayaannya pada tahun 2016 ketika masih menjabat sebagai Kabag Ops Polda Sumatera Selatan. 

Menurut catatan, Agus Andrianto memiliki total kekayaan senilai Rp1,73 miliar dengan rincian berupa tanah dan bangunan di Jakarta Timur dan Musi Banyuasin senilai Rp 864,4 juta. Lalu, beberapa kendaraan dengan total Rp 479 juta. 

Selain itu, Agus Andrianto juga memiliki harat bergerak berupa kas Rp 38 juta, giro dan setara kas Rp 361 juta.

Demikian daftar harta kekayaan calon Kapolri, ada 5 nama jenderal yang disebut-sebut bakal jadi pengganti Idham Azis. Mulai dari Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto, Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.