Pilkada Pangkep, MYL-SS Menang Versi Quick Count

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Muhammad Yusran Lalogau dan Syahban Sammana (MYL-SS) pasangan pertama yang mendeklarasikan diri di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan untuk ikut serta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.(Ist).
Calon Bupati dan Wakil Bupati Muhammad Yusran Lalogau dan Syahban Sammana (MYL-SS) pasangan pertama yang mendeklarasikan diri di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan untuk ikut serta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.(Ist).

Terkini.id, Pangkep – Lembaga survei Live Indonesia melakukan perhitungan cepat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pangkep, Rabu, 9 Desember 2020 telah merampungkan datanya hingga 63 persen.

Hingga saat ini, posisi teratas ditempati pasangan Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana. Perolehan suaranya mencapai 40,15 persen. Angka ini didapat seetelah lembaga survei hampir merampungkan hasil hitung cepat (quick count) hingga pukul 15.15 Wita.

Nomor Urut 01 MYL-SS 40,49 persen
Nomor Urut 02 Ramah: 26, 216 persen
Nomor urut 03 AIZ-RISMA: 17,40 persen
Nomor Urut 04 Anir-Lutfi : 15,42 persen

Quick Count Live Indoensia dilakukan di 13 kecamatan yang ada di Pangkep dengan Margin of error sebesar plus minus 1% pada tingkat kepercayaan sebesar 99%. Metode penarikan sampel TPS, yaitu stratified and systematic random sampling.

Calon Bupati Pangkep nomor urut 01, Muhammad Yusran Lalogau mengaku percaya dengan hasil hitung cepat atau quick count Pilkada Pangkep 2020 yang dilakukan sejumlah lembaga survei. 

Menarik untuk Anda:

Sebab, dari sejumlah pemilu dan pilkada yang pernah digelar Indonesia, hampir semua quick count memiliki hasil yang jauh berbeda dari hasil rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU)

“Kita tahu semuanya tahu quick count adalah ilmiah. Dari pengalaman pemilu yang lalu, akurasinya 95 persen hampir sama dengan real count KPU,” ungkap mantan Ketua DPRD Pangkep tersebut.

Yusra tetap meminta seluruh masyarakat Pangkep untuk tetap menunggu hasil penghitungan resmi KPU.

“Namun demikian, kita harus tetap sabar menunggu hasil penghitungan resmi KPU,” katanya.

Dari hasil perhitungan suara sistem cepat yang dilakukan sejumlah Lembaga Survei, Pasangan MYL-SS menempati urutan teratas dengan persentase 40,49 persen. Pasangan ini meninggalkan jauh pesaingnya, Ramah yang menempati urutan dua dengan persentase 26,16 persen, disusul AIZ-Risma dengan perolehan 18 persen dan Amir Lutfi sebanyak 15,42 persen.

Sementara itu Syahban Sammana meminta kepada pendukung dan simpatisannnya untuk menghindari eforia yang berlebihan. Meski sudah diunggulkan sejumlah hasi hitungan cepat (quick count), namun dia menaruh harapan, suasana kondusif tetap tercipta.

“Kita berharap, pasca-pilkada suasana kondusif tetap terjalin. Mari bersama-sama menjaga ketertiban umum. Saatnya kita bahu-membahu lagi melanjutkan pembangunan,” katanya sesaat setelah mengetahui hasil quick count yang mengunggulkannya.

Terkait hasil hitungan cepat, Syahban yang merupakan pasangan dari Muhammad Yusran Lalogau menyambut positif. Menurutnya, meski harus menunggu keputusan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun data quick count, hasilnya tidak jauh berbeda dengan rekapitulasi KPU.

“Ini kemenangan kita bersama. Dan saya berharap suara kita bisa dikawal dengan baik,” tambah wakil dari Syamsuddin A Hamid periode 2015-2020 yang sejak sore banyak mendapatkan ucapan selamat, baik disampaikan langsung maupun melalui telepon.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kenaikan Pangkat Polisi, Kapolres Pangkep: Tidak Semua Polisi Dapatkan Kenaikan Pangkat Pengabdian

Bupati Pangkep MYL Terima Suntikan Vaksin yang Kedua

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar