9 Bulan Kasus Covid-19, Ini 9 Daerah di Indonesia yang Tak Terinfeksi Covid-19

Pasien corona. (BBC)
Pasien corona. (BBC)

Terkini.id, Pangkep – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengungkapkan hanya tersisa sembilan daerah di Indonesia yang belum ditemukan kasus COVID-19 setelah pandemi berlangsung selama sembilan bulan, namun tercatat sudah 34 provinsi dan 505 kabupaten/kota yang terinfeksi virus covid-19.

Dilansir dari situs resmi Satgas COVID-19, kesembilan daerah tersebut berada di Indonesia bagian timur, antara lain: Pegunungan Arfak di Papua Barat; Yahukimo, Dogiyai, Deiyai, Mamberamo Raya, Nduga, Puncak, dan Intan Jaya di Papua, serta Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur, dilansir dari suara.com jaringan terkini.id, Rabu, 2 Desember 2020.

Kesembilan daerah ini masuk dalam kategori zona hijau yang tidak terdampak atau 1,75 persen.

Zona hijau tidak ada kasus baru juga hanya enam kabupaten/kota atau 1,17 persen, antara lain Tolikara, Yalimo, Boven Digoel, Waropen di Papua; serta Alor dan Manggarai Timur di NTT.

Sementara zona merah bertambah dua kali lipat dari pekan sebelumnya menjadi 50 kabupaten/kota (9,73 persen).

Menarik untuk Anda:

Kemudian zona risiko sedang atau oranye juga meningkat menjadi 374 kabupaten/kota (72,76 persen), dan zona risiko rendah menjadi 75 kabupaten/kota (14,59 persen).

“Keadaan ini harus menjadi cambukan keras bagi kita untuk terus memperbaiki diri, bagi masyarakat jangan pernah abai. Karena cepat atau lambat, anda akan menjadi penderita Covid-19, jika lengah dalam memproteksi diri, lingkungan ataupun keluarga anda,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam jumpa pers dari Gedung BNPB, Jakarta, Selasa, 01 Desember 2020.

Pemerintah daerah diminta lakukan evaluasi terhadap kedisiplinan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, serta penegakan kedisiplinan protokol kesehatan harus dimasifkan, dan pelaksanaan 3T yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) di berbagai tatanan kesehatan di daerah.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Update Gempa Sulbar, BNPB: Korban Meninggal Dunia Jadi 42 Jiwa, 15.000 Mengungsi

WALHI: Banjir Kalsel, Tapi Akibat Tambang dan Kebun Sawit

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar