Ini 5 Tips untuk Dapatkan Hasil Penelusuran Google yang Lebih Baik

Ilustrasi Google Search. [Shutterstock]
Ilustrasi Google Search. [Shutterstock]

Terkini.id, Pangkep – Google menjadi mesin penelusuran yang mudah digunakan untuk menemukan informasi apa pun. Tetapi pengguna mungkin tidak tahu seberapa tepat kata kunci yang digunakan sebagai istilah pencarian untuk memunculkan hasil yang diinginkan.

Dilansir CNET, ada lima tips yang harus diketahui pengguna untuk mendapatkan hasil penelusuran Google yang lebih baik,  Berikut ini lima tips tersebut, dilansir dari suara.com jaringan terkini.id, Sabtu, 27 November 2020.

1. Cari dengan domain atau situs yang lebih spesifik

Jika pengguna kebetulan hanya mencari hasil dari situs web tertentu, pengguna dapat membatasi cakupan penelusuran ke domain tersebut menggunakan situs: operator.

Sebagai contoh, pengguna ingin mencari konten smartphone gaming di laman Suara.com. Maka kata kunci yang harus diketikkan pengguna di kotak penelusuran adalah smartphone gaming site:Suara.com dan tekan enter. Semua hasil yang dikeluarkan Google akan dibatasi pada domain Suara.com.

Menarik untuk Anda:

2. Cari kata atau frase yang lebih spesifik

Aturan di atas juga berlaku jika pengguna memiliki kata atau frase tertentu yang ingin dicari. Pengguna dapat memasukkan penelusuran dalam tanda kutip untuk membatasi hasil pada kata-kata yang persis sama.

Sebagai contoh, pencarian ulasan Amazon Echo memberikan sekitar 22,5 juta hasil pencarian. Sementara “Ulasan Amazon Echo” akan mempersempit hasil pencarian tersebut menjadi sekitar 91.700 hasil.

3. Lihat versi cache dari sebuah situs

Tidak semua halaman web akan bertahan selamanya. Jika sesuatu yang pengguna harapkan untuk kembali dan dibaca telah hilang sejak pengguna pertama kali mengunjungi situs tersebut, pengguna dapat memeriksa apakah Google menyimpannya dalam cache. Namun, operator ini harus digunakan di bilah alamat, bukan di bilah pencarian.

Ketikkan cache: sebelum memasukkan URL situs dan tekan enter. Jika pengguna beruntung, Google akan memiliki versi cache dari situs tersebut sehingga pengguna masih dapat melihatnya.

4. Jenis file

Jika pengguna mencari file dengan tipe powerpoint atau PDF, pengguna dapat mempersempit hasil pencarian ke jenis file tertentu menggunakan operator filetype:(jenis file).

Sebagai contoh, pengguna ingin mencari file nama tumbuhan filetype:pdf atau filetype:ppt.

5. Cari rentang angka atau tanggal

Saat pengguna ingin berbelanja dengan anggaran terbatas, pengguna dapat mencari produk dengan kisaran harga tertentu.

Sebagai contoh, penggiling kopi Rp 200.000. Dalam kebanyakan kasus, ini akan mempersempit hasil pencarian ke produk dalam kisaran harga yang dipatok pengguna.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Google Ancam Tutup Layanannya di Australia, Karena Dipaksa Bayar Media Online

Begini Bentuk Uang Tertua di Dunia dan Penggunaannya

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar