Google Bisa Deteksi Lagu Hanya dengan Bergumam
Komentar

Google Bisa Deteksi Lagu Hanya dengan Bergumam

Komentar

Terkini.id, Pangkep – Google memberikan dukungan bagi pengguna untuk mencari judul lagu hanya dengan menggumamkan melodi ketika pengguna tidak tahu lagu apa itu.

Google Penelusuran sekarang mendukung pencarian lagu saat pengguna menyenandungkan melodi serta menggunakan pembelajaran mesin untuk lebih memahami kesalahan ketik dan salah eja.

Fitur baru itu disebut hum to search dan tersedia di iOS dan Android melalui Google Assistant, Minggu, 18 Oktober 2020.

Pengguna smartphone dapat menekan tombol mikrofon di aplikasi Google dan mengucapkan “What’s this song” atau mengklik tombol “Search a song”.

Setelah 10 hingga 15 detik menggumamkan melodi, Google akan menampilkan hasil menurut pendapatnya tentang lagu tersebut, dilansir dari suara.com jaringan terkini.id.

Baca Juga

Google mengatakan bahwa pengguna tidak perlu bergumam dengan sempurna untuk menemukan hasil. Perusahaan teknologi itu akan tetap menunjukkan opsi yang paling mendekati berdasarkan lagu yang dimaksud.

Layanan akan menampilkan judul lagu, artis, dan opsi untuk membuka lagu tersebut di aplikasi lain, seperti YouTube.

“Ketika pengguna menyenandungkan melodi ke Penelusuran, model pembelajaran mesin kami mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang mewakili melodi lagu. Model kami dilatih untuk mengidentifikasi lagu berdasarkan berbagai sumber, termasuk nyanyian manusia, siulan, atau senandung, serta rekaman studio,” kata Krishna Kumar, Manajer Produk Senior Google Penelusuran, seperti dikutip Independent pada Sabtu,17 oktober 2020.

Kumar menambahkan bahwa algoritme juga menghilangkan semua detail lainnya, seperti instrumen pengiring, warna nada, dan nada suara.

Google juga meningkatkan kemampuannya untuk memahami kata yang salah eja dan mengatakan bahwa satu dari setiap 10 kueri salah eja.

Algoritme ejaan baru menggunaan jaringan neural dalam untuk meningkatkan pengenalannya, sebuah perubahan yang membuat peningkatan lebih besar pada ejaan.