Instagram Luncurkan Fitur Shopping, Mudahkan Kreator Konten Jualan

Ilustrasi Instagram Story. [Shutterstock]
Ilustrasi Instagram Story. [Shutterstock]

Terkini.id, Pangkep – Instagram Indonesia meluncurkan fitur Shopping untuk semua akun bisnis dan kreator pada Selasa, 6 Oktober 2020.

Fitur ini akan diluncurkan secara bertahap untuk memaksimalkan strategi pemasaran, bagi pemilik bisnis lokal di Indonesia yang menggunakan Instagram. Tidak hanya tersedia di feed atau beranda dan fitur Story, tapi fitur Shopping juga akan tersedia di IGTV.

“Fitur Instagram Shopping dapat menghubungkan pelaku bisnis dengan lebih banyak calon pembeli dan melalui fitur ini, para kreator bisa mengarahkan produk yang diunggahnya ke pelaku usaha tersebut,” kata Pieter Lydian, Country Director Facebook di Indonesia, dalam acara peluncuran secara virtual, Selasa, 6 Okrtober 2020.

Dia menambahkan, fitur ini dibuat dengan tujuan agar semua orang yang terlibat dalam proses jual beli lebih aman dan nyaman. Menurut Pieter, sebanyak 90 persen pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis di Instagram sehingga kegiatan jual-beli telah menjadi salah satu aktivitas penting bagi pengguna.

Sejak Juli, Instagram juga telah melakukan uji coba untuk menghadirkan tab Toko di halaman navigasi utama. Dengan tab tersebut, pengguna akan semakin mudah dalam menemukan merek dan bisnis favorit.

Menariknya, dalam waktu dekat Instagram akan meluncurkan tab Toko ini untuk semua pengguna di seluruh dunia.

Untuk menggunakan fitur terbaru Shopping, pelaku bisnis harus membuat toko melalui Commerce Manager. Selanjutnya, pelaku bisnis harus mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping demi keamanan pengguna dalam berbelanja.

Pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan dengan membuka Pengaturan > pilih Bisnis > klik Siapkan Instagram Shopping > kemudian ikuti langkah-langkah yang tertera dan ajukan pengajuan untuk akun.

Demi menjaga keamanan pengguna, seluruh proses peninjauan untuk permohonan fitur Shopping dilakukan oleh manusia (human reviewer) untuk meminimalisir kesalahan.

Oleh karena itu, proses peninjauan memerlukan waktu beberapa hari lebih lama. Untuk melihat status peninjauan akun bisnis, kunjungi opsi Belanja di Pengaturan

Jika permohonan pelaku bisnis disetujui, akun dapat mengaktifkan fitur Shopping dengan mengakses Pengaturan > pilih Bisnis > klik Shopping.

Jika pelaku bisnis tidak dapat menemukan pilihan Shopping pada menu Bisnis, kemungkinan besar akun masih dalam proses peninjauan atau permohonan untuk mendapatkan fitur ditolak.

Jika disetujui, pilih Katalog Produk yang ingin dihubungkan dengan akun bisnis dan tekan Selesai. Pelaku bisnis dapat langsung menggunakan tag Shopping dalam unggahan.

Menurut salah satu pelaku bisnis, Lizzie Parra, Founder dan CMO BLP Beauty, yang telah lebih dulu merasakan fitur Shopping, fitur tersebut membantunya menyederhanakan proses, sehingga pengguna dapat lebih mudah dan cepat dalam mencari tahu lebih lanjut seputar produk yang ditampilkan di Instagram dan melakukan pembelian melalui website.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Ini Cara Menggunakan 4 Fitur Baru Youtube,Begini Cara Menggunakannya

Begini Cara Meningkatkan Jumlah Followers di Instagram

Berikut Cara Pastikan Akun TikTok Anda Aman dari Tangan-tangan Jahil

Hacker Klaim Berhasil Meretas Akun Twitter Pribadi Donald Trump

Anda Harus Hapus Aplikasi Berbahaya Ini Meski Populer

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar