Suku Bermata Biru di Indonesia Tertangkap Bidikan Kemera

Anak-anak bermata biru. [Instagram/@geo.rock888]
Anak-anak bermata biru. [Instagram/@geo.rock888]

Terkini.id, Pangkep – Salah satu suku pribumi di Indonesia yang memiliki mata biru tajam yang unik, tertangkap bidikan kamera dan menarik perhatian dunia.

Didapat karena faktor genetik, mata biru itu milik orang Buton yang berasal dari Pulau Buton, pulang terbesar ke-19 di Indonesia, yang terletak di wilayah Sulawesi Tenggara, dilansir dari suara.com jaringan terkini.id, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Mereka dibagi menjadi beberapa suku kecil yang beberapa di antaranya memiliki kondisi langka yang dikenal sebagai Sindrom Waardenburg, yang mempengaruhi pigmentasi.

Hal ini membuat suku tersebut memiliki mata biru elektrik, sesuatu yang sangat langka di Indonesia karena kebanyakan orang berambut hitam dan bermata gelap.

Sindrom Waardenburg sendiri merupakan mutasi genetik turun-temurun yang diperkirakan hadir dalam beberapa bentuk pada satu dari 42.000 orang.

Selain dampaknya yang terkadang membuat warna mata berbeda, hal itu juga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran.

Keindahan mata Suku Buton diabadikan oleh Korchnoi Pasaribu, seorang ahli geologi dari Jakarta saat berkunjung ke pulau itu pada 17 September.

“Saya sebenarnya bekerja sebagai ahli geologi di pertambangan nikel dan fotografi adalah hobi saya. Mata biru itu unik dan indah, itu adalah inspirasi saya. Biru adalah warna mata favorit saya,” kata Korchnoi, seperti dikutip Dailymail, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Pulau Buton memiliki luas 1.700 mil persegi dengan jumlah populasi di bawah 450.000 orang, yang banyak di antaranya hidup dalam suku-suku kecil yang terisolasi. Mayoritas pulau ditutupi dengan hutan hujan.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Biofarma Terima 15 Juta Dosis Bulk Vaksin Sinovac Dari China, Bulan Depan

Megawati: Mau Dibilang PKI Terserah, Kedua Orang Tua Saya Pahlawan!

Kominfo Sebut Grup WhatsApp Sarang Hoaks

Komnas HAM Sebut Ruang Kebebasan Berpendapat, Berekspresi Semakin Menyempit

Penyebab ASN Tidak Netral, MenPANRB: Pertahankan Jabatan Hingga Tekanan dari Atasan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar