Luncurkan Reels di Instagram, Giliran Facebook Siapkan Pesaing TikTok
Komentar

Luncurkan Reels di Instagram, Giliran Facebook Siapkan Pesaing TikTok

Komentar

Terkini.id, Pangkep – Setelah menambahkan fitur Reels ke Instagram, kini giliran Facebook dilaporkan sedang menguji coba format video bergaya TikTok.

Sebagaimana melansir Antaranews dari TechCrunch, Minggu, 16 Agustus 2020, Facebook mengaku sedang menguji video berdurasi singkat untuk aplikasi Facebook di India, sebagai pasar terbesarnya.

Uji coba tersebut menunjukkan “Short Video” memiliki bagian khusus dalam News Feed. Di atasnya terdapat tombol “Create”, di mana pengguna dapat mengetuknya untuk membuka kamera Facebook atau menelusuri unggahan video singkat dari pengguna lainnya dengan menggesek ke atas, dilansir darisuara.comjaringan terkini.id, Minggu, 16 Agustus 2020.

“Kami selalu menguji alat kreatif terbaru, sehingga kami dapat mempelajari tentang bagaimana orang ingin mengekspresi kan diri. Video berdurasi pendek sangat populerdan kami mencari cara baru untuk memberikan pengalaman ini agar orang terhubung, membuat, dan berbagi di Facebook,” kata juru bicara Facebook dilansir dari suara.com jaringan terkini.id.

Konsultan media sosial, Matt Navarra, pertama kali mengungkap keberadaan tes baru tersebut. Tes itu dilakukan ketika Facebook berusaha mengisi celah, setelah TikTok dilarang di India pada akhir Juni lalu.

Baca Juga

Facebook meluncurkan Reels di India bulan lalu, beberapa pekan sebelum meluncurkan ke sejumlah negara lainnya.

Sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan, keterlibatan harian layanan Facebook di India meningkat lebih dari 25 persen sejak TikTok diblokir.

Sejuumlah startup lokal, termasuk ShareChat yang didukung Twitter dan layanan streaming Gaanda dan MX Player dari Times Internet, telah meluncurkan aplikasi mandiri atau fitur terintegrasi untuk mereplikasi pengalaman sosial yang disediakan TikTOk kepada pengguna dalam beberapa pekan terakhir.

Aplikasi lokal mengklaim telah menambah puluhan juta pengguna baru selama periode tersebut.