Pakar : Ada Potensi Begal Politik Rekomendasi Partai
Komentar

Pakar : Ada Potensi Begal Politik Rekomendasi Partai

Komentar

Terkini.id, Pangkep – Pakar politik Universitas Muhammadiyah Makassar, Luhur Andi Prianto mengatakan, potensi begal politik sangat besar. Ada peluang yang sangat potensial, dukungan partai dibajak atau diambil alih calon lain.

“Karena partai juga tidak memiliki prosedur yang standar untuk menentukan calon kandidat. Banyak partai yang membuka pendaftaran tetapi juga menyiapkan shortcut,” kata Luhur pada diskusi bertema “Bedah Peta Pilwalkot Makassar bersama PT. Indeks Politica Indonesia” di Café Res_Publica, Jalan AP Pettarani Makassar, Minggu 5 Juli 2020.

Ia menjelaskan, di setiap partai politik ada banyak gerbong. Faksi-faksi inilah yang menjadi jalur atau pintu untuk mendapatkan rekomendasi.

Jalan pintas inilah yang memungkinkan begal-membegal rekomendasi partai terjadi.

Belum adanya formulir B1KWK yang dikeluarkan partai politik untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar, menjadi ancaman bagi bakal calon lainnya.

Baca Juga

Potensi jegal-menjegal masih memungkinkan terjadi hingga terbukanya pendaftaran calon di KPU.

“Istilahnya ada banyak pintu. Itu semua menjadi jalan bagi kandidat untuk membajak rekomendasi partai. Karena selalu tersedia jalan pintas untuk merubah dukungan politik partai yang sudah ditetapkan. Dan saya kira Pak Appi (Munafri Arifuddin) sudah punya pengalaman membangun koalisi besar,” ujar Luhur.

Serupa disampaikan pakar politik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Firdaus Muhammad. Menurutnya, potensi membajak partai di detik-detik terakhir sangat mungkin terjadi.

“Manuver-manuver politik Pak Appi sekarang ditunggu, karena memang peluang Appi bermanuver itu paling besar. Kalau benar, Pak Appi menggunakan pola yang lalu, di detik-detik terakhir (rekomendasi partai.red) itu bisa buyar. Karena kita melihat sebelum-sebelumnya, kemungkinan itu masih ada,” tegas Firdaus.

Menurutnya, saat ini merupakan masa kritis bagi para kandidat dan partai politik dalam menentukan pilihan. Kandidat yang telah mencukupi jumlah kursi untuk mendaftar calon walikota, disarankan untuk lebih fokus mempertahankan rekomendasi partai yang sudah ditangan ketimbang berusaha menggembosi partai kandidat lain.

“Jangan sampai lebih fokus menggembosi rekomendasi partai orang lain, sementara partai pendukung sendiri lepas,” kata Firdaus.

Berita ini telah tayang sebelumnya di :https://terkini.id/makassar/manuver-politik-appi-ancam-kandidat-lain-tak-maju-di-pilwali-makassar/