Hoaks di Italia Rakyat Buang Uang Karena Virus Corona
Komentar

Hoaks di Italia Rakyat Buang Uang Karena Virus Corona

Komentar

Terkini.id, Pangkep – Sebuah kabar beredar di media sosial facebook dengan narasi “Di Italia rakyat buang duit kejalan disebabkan harta tidak berguna lagi, bila virus Covid-Nineteen makin menular” #jagasehatsebelumsakit #sayangikeluarga” diunggah akun Facebook Safie Fbr, Kamis (30/3). Pada Sabtu, 4 April, 2020.

Dari penulusuran situs website turnbackhoax.id, disimpulkan jika informasi yang beredar dengan mengatakan rakyat Italia membuang uangnya karena dianggap sudah tidak berharga akibat virus Corona adalah salah atau hoaks dan masuk ke kategori “Konten yang salah”.

Hasil periksa fakta Anggota Komisariat MAFINDO BSI Riski Maulana.

Foto tersebut tidak ada kaitannya dengan rakyat Italia dan wabah Covid-19.

Foto yang memperlihatkan uang berhamburan di jalanan merupakan mata uang Venezuela yaitu Bolivar Fuerte yang dibuang karena dianggap sudah tidak berguna dan digantikan dengan mata uang baru yakni Bolivar Seberano.

Baca Juga

Akun facebook Safie Fbr memposting foto pada tanggal 30 Maret 2020, yang diklaim terjadi di Italia dan diikuti narasi bahwa rakyat Italia membuang uangnya yang dianggap sudah tidak berguna karena virus Corona yang semakin menular.

Dari hasil penelusuran informasi, hal tersebut tidak benar.

Foto yang diunggah akun facebook Safie Fbr tidak ada kaitannya dengan Italia dan virus Corona.

Faktanya foto tersebut merupakan keadaan di Venezuela saat terjadinya krisis di negara tersebut, dimana rakyat Venezuela membuang uangnya dikarenakan mata uang Boliver Fuerte dianggap sudah tidak berharga dan digantikan Bolivar Seberano.

Melalui penelusuran lebih lanjut, pada foto tersebut terdapat lembaran uang bewarna hijau yang jika ditelusuri dengan mesin pencari Google dengan kata kunci “50 Bolivar Fuerte Venezuela” akan muncul lembaran uang yang identik seperti unggahan akun facebook Safie.

Dimuat pada portal media snopes.com, sebuah artikel yang berjudul “A photograph shows piles of currency throw in a gutter in Venezuela, money made worthless due to socialism”.

Terdapat foto yang sama seperti yang diunggah akun facebook Safie Fbr.

Foto tersebut terdapat keterangan “This is a genuine photograph of worthless money dumped in the gutter of a Venezuelan street.”

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “Ini adalah foto asli dari uang tidak berharga yang dibuang di selokan jalan Venezuela”.

Dilansir dari truthorfiction.com, semua uang kertas Bolívar Fuerte telah ditarik.

Bank Bicentenario dijarah pada Maret 2019 ketika Bolivar Fuerte tidak berharga.